Pondok Pesantren Al Afiyah Bogor Jawa Barat adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang menggunakan pembelajaran kitab kuning, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran klasikal dan yang terutama bagi sebagian besar pondok salafiyah adalah metode sorogan guna meningkatkan minat dan keterampilan membaca kitab kuning. Oleh sebab itu penulis sangat tertarik meneliti tentang “Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat.” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus dan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. Fokus penelitian yang diteliti adalah Ustadz dan Santri di Pondok Pesantren Al- Afiyah Bogor Jawa Barat, metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian. Untuk melengkapi data penelitian metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning dan implikasinya dengan kemampuan Bahasa arab santri Pondok Pesantren Al-Afiyah Bogor Jawa Barat dalam pembelajaran kitab kuning diawali dengan membaca do’a kemudian membacakan materi sebelumnya lalu maju satu persatu menyorogkan kitabnya dan setelah itu ustadz memasuki materi baru untuk keesaokan harinya hal ini dilakukan berulang-ulang setiap hari. Dan implikasinya terhadap kemampuan Bahasa arab
Tidak ada komentar:
Posting Komentar